Keunggulan Fitur-Fitur Windows 8



Keunggulan Fitur-Fitur Windows 8


Pengguna Windows XP mungkin memiliki rasa ketertarikan yang lebih tinggi untuk menggunakan Windows 8 dibandingkan pengguna Windows 7. Mengapa? Karena jarak antara Windows XP dan Windows 8 sangatlah jauh, kira-kira 10 tahun lebih. Sedangkan dengan Windows 7, jarak kelahiran keduanya tidak terlalu lama, yaitu sekitar 3 tahun. Oleh karena itu, wajar jika pengguna Windows 7 bertanya-tanya apakah sepadan jika mereka harus melakukan upgrade ke Windows 8.

Windows 8 sendiri membawa banyak pembaruan. Namun yang paling utama dan yang tidak terdapat pada Windows 7 adalah:
  • Tampilan Start yang berbeda. Windows 8 tidak lagi mengadopsi tombol Start untuk memulai pekerjaan Anda. Sebaliknya, Microsoft menciptakan interface yang benar-benar baru (bernuansa tablet), yang disebut dengan istilah Start Screen. Tampilan Start Screen seperti gambar di bawah ini.
Start Screen yang menjadi ciri khas Windows 8
  • Proses Login yang lebih canggih. Sekarang, Anda bisa login tidak hanya dengan menggunakan username dan password “tradisional” seperti yang dilakukan ketika menggunakan Windows versi lama. Sekarang, Windows 8 men-support proses login memakai PIN atau bahkan gambar.
  • Login Menggunakan Akun Microsoft. Punya akun Microsoft? Jika Anda memiliki akun di Hotmail, misalnya, maka Anda sudah memiliki akun Microsoft. Itu artinya, jika Anda bekerja dengan menggunakan komputer yang berbeda, maka hanya dengan memanfaatkan satu akun Microsoft saja, Anda bisa melakukan sinkronisasi data antar komputer—dan tablet.
  • Windows Store. Jika Anda menggunakan iPad, maka Anda akan menemukan App Store. Apabila bermain dengan Android, maka toko yang sama dengan nama Android Market/Google Play akan Anda temukan. Nah Microsoft pun menyediakan toko online aplikasi yang terpusat dalam satu tempat bernama Windows Store. Di sini, Anda bisa mengunduh dan membeli aplikasi-aplikasi unik dan menarik secara legal.
  • Pre-Installed App. Kira-kira, ada 8 aplikasi yang langsung disertakan dalam Windows 8, seperti mail, calendar, social networks, photos, music, video, dan lain sebagainya.
  • Internet Explorer 10. Apabila Anda penggemar Internet Explorer, maka begitu menginstal Windows 8, Anda akan langsung berselancar di dunia maya menggunakan IE 10.
  • File Explorer. Setelah sekian lama diberi nama Windows Explorer, sekarang Microsoft mengubahnya dengan nama File Explorer. Fitur ini dianggap lebih canggih karena bisa me-motong proses manajemen file yang semula panjang menjadi lebih singkat.
  • Windows Defender yang Diperlengkap: Sekarang, Anda bisa memutuskan untuk tidak lagi menggunakan antivirus dari vendor pihak ketiga karena Windows Defender yang sudah langsung diinstal ke dalam komputer Anda sudah dilengkapi dengan fungsi antivirus dan anti spyware. Jadi, komputer Anda akan lebih nyaman terhadap serangan-serangan dari program jahat.
Artikel diambil dari buku: Buku Pintar Microsoft Windows 8  (terbit 21 Januari 2013)
Penulis: Jubilee Enterprise
Penerbit: PT Elex Media Komputindo

0 komentar:

Post a Comment